Ingin Mengembalikan Dokumen Word yang Belum Tersimpan?



Lupa men-save dokumen yang sedang Anda ketik? Jangan menangis!!!! Ada solusinya kok. Beberapa menit yang lalu, ketika saya sedang mengetik naskah soal UH 1, tiba-tiba saya terkejut oleh bunyi ban meletus dan reflek saja saya menutup jendela laman yang saya ketik tadi. Akhirnya dokumen yang saya ketik hilang tak berjejak (karena saya lupa men-save dokumen itu). Biasanya Microsoft Word (software yang saya pakai untuk mengetik) memiliki fungsi auto recovery yang akan berjalan secara otomatis ketika aplikasi itu dibuka kembali, tetapi anehnya: fungsi auto recovery tidak bekerja. Setelah mencari-cari di berbagai folder di drive C: (tanpa tahu pasti apa yang dicari) Duh.. Menyebalkan :( :( dan akhirnya kesal, harapan toh masih ada pada Google!

Setelah browsing, saya menemukan tips di Google Answer dari laman https://bitra.wordpress.com/2009/02/06/restorasi-dokumen-word-yang-belum-di-save/

Kesimpulan tipsnya seperti ini:
Gunakan fungsi search (pada drive C: atau drive lain yang merupakan tempat aplikasi Microsoft Word terinstal), dan ketikkan:       *.tmp,~*.*,*.asd

Pastikan bahwa windows explorer sudah diset untuk menampilkan hidden file. Kalau belum yakin, mari pastikan. Pada toolbar windows explorer klik Tools > Folder Options lalu pilih tab View. Pada bagian Hidden files and folders contreng (lebih tepatnya klik) Show hidden files and folders.

Kembali ke pencarian, jika proses pencarian sudah selesai, coba cari file dengan nama seperti:
AutoRecovery Save of Document1.asd
Laman tsb mengatakan untuk mencoba mengubah ekstensi *.asd ke *.doc dan kemudian dibuka langsung menggunakan Microsoft Word. Tapi dalam kasus saya itu tidak berhasil. Jika pada kasus Anda cara itu juga tidak berhasil, cara lainnya adalah dengan membuka langsung dari Word. Caranya:
1.      Dari Microsoft Word gunakan fungsi membuka dokumen (Open)
2.      Cari/browse file yang disebutkan tadi (yang ekstensinya *.asd itu) dari tempat di mana ia ditemukan (biasanya ada di folder berikut: C:\Documents and Settings\username\Application Data\Microsoft\Word).
3.      Untuk filetype gunakan “Recover Text from Any File (*.*)“.
4.      Nah, bagaimana hasilnya? Pada kasus saya sih berhasil tuh. Meskipun isi dokumen agak berantakan, tapi lumayan tidak perlu mengetik ulang seluruh dokumen ;)


Semoga bermanfaat bagi yang mengalami nasib yang hampir serupa :D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Mengembalikan Dokumen Word yang Belum Tersimpan?"

Post a Comment