Soal Latihan 1



SOAL-SOAL LATIHAN I

 Kutipan paragraf berikut untuk soal nomor 1 s.d. 4. Bacalah dengan saksama!    
           (1) Sejak awal.pembangunan jalan kereta di Pulau Sumatera memang untuk
angkutan barang. (2) Kereta penumpang seolah hanya disisipkan pada rangkaian jadwal perjalanan kereta api. (3) Hal itu karena Sumatera bagian selatan memang kaya akan
potensi alam, seperti tambang dan hasil perkebunan. (4) Jadi, wajar bila jalan rel di Sumatera Selatan hingga Lampung dipadati kereta barang. (5)  Salah satunya adalah pengoperasian kereta batu bara rangkaian panjang (babaranjang) sebanyak 28 kereta berangkaian panjang.

1.      Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A.    pembangunan jalan kereta di Sumatera
B.     awal pembangunan jalan kereta di Sumatera
C.     potensi alam Sumatera Selatan
D.    fungsi  jalan kereta di Sumatera Selatan
E.     pengoperasian kereta batu bara
     
2.      Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah …
A.    (1), (2), dan (3)
B.     (1), (3), dan (5)
C.     (2), (3), dan (4)
D.    (2), (4), dan (5)
E.     (3), (4), dan (5)

3.      Simpulan kutipan tersebut adalah …
A.    Jalan kereta di Pulau Sumatera memang ditujukan untuk angkutan barang, terutama angkutan batu bara, karena Pulau Sumatera kaya akan hasil tambang dan perkebunan.
B.     Pembangunan jalan kereta di Pulau Sumatera dipadati arus lalu lintas angkutan barang dari hasil tambang batu bara dan perkebunan, terutama di wilayah Sumatera Selatan.
C.     Di wilayah Sumatera Selatan dan Lampung jalur rel kereta selain untuk angkutan batu bara, juga dipadati angkutan penumpang yang membawa hasil perkebunan.
D.    Sejak awal pembangunan jalan kereta api di Pulau Sumatera memang dijadwalkan untuk angkutan barang, yaitu hasil tambang terutama batu bara, dan hasil perkebunan.
E.     Jadwal pengoperasian kereta di Pulau Sumatera khusus untuk angkutan batu bara sebanyak 28 kereta dengan rangkaian panjang dari Sumatera Selatan ke Lampung

4.      Makna kata/istilah potensi dalam paragraf tersebut adalah ….
A.    kemampuan
B.     kesanggupan
C.     kekuatan
D.    sumber daya
E.     pengolahan
Bacalah paragraf berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!       
             (1) Ada dua industri pengolahan ikan yang dominan di kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari, Kota Tegal, Jawa Tengah, yaitu industri fillet dan pengeringan ikan. (2)  Selain itu terdapat pula industri-industri pengolahan limbah ikan, seperti pengolahan kulit ikan menjadi kerupuk serta industri pengeringan kepala. Duri, dan sisik ikan. (3) Kepala dan duri ikan yang berasal dari limbah fillet dikeringkan untuk kemudian digiling dan dijual ke pabrik pembuat pakan ayam. (4) Sayangnya, sisa produksi, seperti air pencuci ikan dan kotoran ikan masih terbuang secara bebas. (5) Wali Kota Tegal kini bekerja sama dengan salah satu universitas swasta di Jakarta untuk mencari rumusan penyelesaian masalah limbah ikan.

5.      Kalimat utama paragraf tersebut adalah …
A.    (1)        B.  (2)              C.  (3)              D. (4)               E. (5)

6.      Kalimat sumbang pada paragraf tersebut adalah ….
A.    (1)        (1)        B.  (2)              C.  (3)              D. (4)               E. (5)

Cermatilah paragraf berikut!
7.      Siswa  SMA Negeri 1 Labuhanhaji akan melaksanakan kegiatan bakti sosial yang berupa penggalangan dana untuk panti asuhan. Proposal kegiatan itu telah disusun untuk dibahas bersama sebelum diajukan kepada kepala sekolah dan pihak-pihak lain guna mendapatkan persetujuan dan bantuan. Dalam proposal tersebut memuat (a) latar belakang dan dasar pemikiran, (b) jenis kegiatan, (c) anggaran/pembiayaan, (d) waktu dan tempat pelaksanaan, dan (e) susunan panitia.
Bagian yang belum tercantum dalam proposal tersebut adalah ....
A.    Nama panti asuhan yang akan diberi bantuan.
B.     Maksud dan tujuan kegiatan.
C.     Nema siswa yang pertama kali mempunyai ide untuk menyelenggarakan bakti sosial.
D.    Pembagian tugas setiap siswa dalam penyelenggaraan bakti sosial.
E.     Bentuk kegiatan persiapan yang telah dilakukan dalam rangka penyelenggaraan bakti sosial.

8.      Berikut ini merupakan paragraf yang berfola induktif....
A.    Komputer dapat dijadikan alat hiburan. Banyak komputer yang dilengkapi oleh fasilitas gambar tiga dimensi dan tata suara yang memukau. Hal ini sejalan dengan perkembangan internet. Oleh karena itu, beberapa komputer kini dirancang dengan mutu dan fungsi yang semakin meningkat sesuai dengan aflikasinya.
B.     Kondisi kebun binatang Satwa Jurug, Solo, kian memprihatinkan. Koleksi satwa di objek wisata tepian Bengawan Solo itu banyak yang tidak terawat. Kondisi binatang di sana tampak kurus-kurus. Kemarin seekor komodo bantuan presiden yang tergolong hewan favorit pengunjung mati.
C.     Mencari dasar baru yang yang kekal, aman dan pasti, bukan perkara kecil. Satu langkah ke depan dalam hal ini sulit sekali. Sebaliknya, satu langkah ke belakang tanpa kita sadari mudah terjadi. Oleh karena itu, sring kita terjebak langkah mundur, seperti yang sedang kita alami saat ini.
D.    Tanaman perlu perawatan. Merawat tanaman dapat dilakukan dengan cara memberi pupuk, menyirami setiap hari, dan menyiangi rumput yang mengganggu pertumbuhannya. Apabila hal ini dilakukan sungguh-sungguh, tanaman akan tumbuh subur dang menghailkan buah yang baik dan bermutu tinggi.
E.     Ekspedisi Pulau Moyo merupakan ekspedisi kelautan pertama yang dilakukan orang-orang Indonsia. Sebelumnya, tahun 1984, memang pernah digelar ekspedisi serupa dengan nama Senellius II. Akan tetapi, ekspedisi yang melibatkan sekitar 450 orang ahli dan teknisi ini dilaksanakan bersama ahli-ahli kelautan dari Belanda.




Untuk melihat soal selanjutnya silakan unduh di sini :)


Semoga Sukses

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Latihan 1"

Post a Comment