LATIHAN ULANGAN HARIAN I
Pahamilah kutipan teks pidato sambutan di bawah ini
kemudian jawablah soal nomor 1 s.d. nomor 3!
Kami atas
nama komite sekolah menyambut gembira dengan dilaksanakannya acara peringatan maulid
nabi Muammad SAW. Dengan acara ini kami berharap para siswa mampu meningkatkan
keimanan dan ketakwaan terhadap Allah Swt. Kami bersyukur, berkat kepemimpinan
Bapak Drs. Akmal, selaku kepala di SMA ini, para siswa begitu antusias untuk
mengikuti kegiatan ini.
1. Orang yang menyampaikan sambutan dalam teks di atas
adalah ...
A.
Kepala SMA D. Ketua OSIS
B.
Kepala Sekolah E. Guru SMA
C. Komite Sekolah
2. Pidato sambutan tersebut disampaikan dalam acara ...
A.
Peringatan maulid
nabi Muhammad SAW D. Peningkatan Ketakwaan
B.
Peningkatan keimanan E. Sumpah Pemuda
C.
Upacara Bendera
3. Harapan yang diinginkan komite adalah ...
A.
Membiasakan melaksanakan peringatan hari keagamaan
B.
Membiasakan memperingati maulid nabi Muhammad SAW
C. Para siswa mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan
D.
Para guru mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan
E.
Kepala sekolah harus meningkatkan keimanan para siswa
4. Paragraf yang kalimat utaman di awal paragraf disebut
...
A.
Deduktif D. Induktif
B.
Naratif E.
Deskriptif
C.
Persuasif
5. Bacalah
surat undangan berikut ini!
Yth. Saudara Bambang Sukadi
Jalan Sidobali 25
Kota Gede, Yogyakarta
…
hari : Senin
tanggal : 20 Agustus 2004
waktu : pukul 08.30 sampai selesai
tempat : ruang sidang SMA Pertiwi
Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian saudara.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian pembuka surat di atas adalah …
A.
Bersama surat ini kami mengundang Saudara untuk
menghadiri rapat pada
B. Dengan surat ini kami mengundang Saudara untuk
menghadiri rapat pada
C.
Kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada
D.
Kami mengundang Saudara hadir untuk rapat
E.
Saya mengundang Saudara untuk menghadiri rapat pada
6. Bacalah
paragraf berikut dengan saksama!
Truk yang bermuatan cukup sarat itu
gagal mendaki tanjakan licin pada penyeberangan sungai. Hujan lebat sebelumnya
menyebabkan kondisi jalan sangat berat untuk dilewati, sehingga truk terperosok
mundur ke tengah sungai. Agar memudahkan pendakian tanjakan, maka Ayub,
pengemudi truk, meminta para penumpangnya turun. Dia bahkan mengingatkan
kemungkinan terjadinya banjir bandang dari sebelah hulu. Akan tetapi, para
penumpang menolak permintaan itu.
Ide pokok paragraf di atas adalah …
A.
Truk gagal mendaki tanjakan licin.
B.
Truk terperosok mundur ke tengah sungai.
C.
Pengemudi truk meminta agar penumpang turun.
D.
Supir mengingatkan kemungkinan terjadinya banjir bandang.
E.
Penumpang menolak permintaan supir.
7. Berdasarkan letak ide pokoknya, paragraf yang terdapat
pada soal nomor 6 dinamakan paragraf ...
A.
Generatif D. Deskriptif
B.
Naratif E. Deduktif
C.
Induktif
Untuk menjawab
soal nomor 8 s.d 12, bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku
telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu
kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan
melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal
kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap
soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih
ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua
kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
“Baik Pak,” jawabku menunduk karena malu. Aku pun
(Digubah
seperlunya, Gerhana, Muhammad Ali)
8. Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…
A.
Orang yang menebang pohon milik orang lain harus
dilaporkan kepada lurah.
B.
Orang yang menebang pohon milik orang lain dapat
dimasukkan ke penjara.
C.
Kerukunan kampung dapat terganggu karena penebangan
pohon pepaya.
D.
Persoalan kecil
yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.
E.
Dua kilo beras telah menyebabkan dua orang bertikai.
9.
Berdasarkan penggalan cerpen di atas, watak dari si
Bapak adalah ...
A.
Rendah hati C.
Sombong E. Iri
B.
Bijaksana D. Hemat
10. Watak dari
tokoh si Bapak di sampaikan secara ...
A.
Menggelitik C. Cekikik E. Dramatik
B.
Analitik D. Panatik
11. Penokohan si
Bapak dapat diketahui oleh pembaca melalui ...
A.
Pikiran tokoh utama C.
Pikiran tokoh sampingan
B.
Dialaog antartokoh D.
Ditulisakan langsung oleh pengarang
C.
Tanggapan tokoh lain terhadap tokoh utama
12. Sudut
pandang penggalan cerpen di atas adalah ...
A.
Orang pertama
pelaku utama D. Orang ketiga pengamat
B.
Orang pertama pelaku sampingan E. Orang kedua pelaku utama
C.
Orang ketiga serba tahu
Pahamilah penggalan pidato di bawah ini, kemudian
jawablah soal nomor 13 s.d 14!
...
Seiring dengan semakin meningkatnya
minat anak lulusan SMU melanjutkan ke perguruan tinggi tanpa disertai tempat
penampungan lulusan perguruan tinggi yang memadai, maka jauh-jauh hari para
orang tua serta para pendidik berusaha memberi bekal kepada para pelajar SMA.
13. Pidato di atas
merupakan contoh fungsi pidato yaitu sebagai ...
A.
Informatif C. Deskriptif E.
Rekreatif
B.
Persuasif D. Instruktif
14. Kalimat
pembuka pidato pengarahan yang paling tepat untuk ilustrasi di atas adalah …
A.
Untuk menjaga supaya begitu lulus dari perguruan
tinggi para siswa tidak hanya menjadi sarjana pengangguran, maka pada
kesempatan ini saya selaku kepala sekolah akan memberi pengarahan.
B.
Selamat datang kami ucapkan atas kedatangan anak-anak
pada kesempatan ini.
C. Anak-anak sekalian, pada kesempatan ini Bapak akan
memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan antara pemilihan jurusan di
perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang memungkinkan.
D.
Acara ini kami awali dengan pembacaan do’a.
15. Manajer perusahaan multiproduk itu
berasal dari kalangan elit. Ia dalam manajemennya selalu menggunakan sistem
kontrak. Hal ini ia lakukan agar perusahaan mendapatkan untung yang besar.
Dalam paragraf di atas, terdapat
kesalahan penulisan kata serapan, yakni …
A.
manajer seharusnya manager
B.
multiproduk seharusnya multiprodak
C. elit seharusnya elite
D.
manajemen seharusnya managemen
E.
sistem seharusnya sistim
Untuk menjawab
soal nomor 16 s.d 18, bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Selama bertahun-tahun, isu kemiskinan
menjadi perhatian serius dan fokus kajian para sarjana dan perumus kebijakan
publik. (2) Kemiskinan dianalisis dari berbagai sudut pandang dan pendekatan
guna mendapatkan pemahaman yang utuh. (3) Kemiskinan seakan menjadi hantu bagi
bangsa ini. (4) Kemiskinan bukan gejala sederhana, pun tidak terkait ekonomi
semata-mata, tetapi sering terkait dengan masalah lain yang amat kompleks. (5) Para
sarjana mencoba menerangkan definisi baru kemiskinan dengan memberi makna
melampaui pengertian konvensional yang selama ini dipahami umum.
16. Paragraf
tersebut dikembangkan dengan pola …
A.
Deduktif D.
Klimaks
B.
Indktif E. Antiklimaks
C.
Campuran
17. Kalimat
utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor …
A.
(1) C. (3) E. (5)
B.
(2) D. (4)
18. Kalimat
sumbang pada paragraf di atas adalah kalimat …
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
19. Surat resmi
adalah surat
yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik instansi maupun perseorangan.
Kata yang dicetak di atas bersinonim
dengan ...
A.
Cepat saji C.
Perusahaan E.
Lembaga
B.
Hukum D.
commanditaire vennootschap atau CV
20. Musyawarah
guru mata pelajaran (MGMP) bahasa Indonesia SMA tingkat UPTD Meukek akan membentuk
pengurus baru periode 2016-2017. Untuk itu, sekretaris MGMP tersebut menyusun
proposal untuk mencari dana.
Tujuan yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ...
A.
Kegiatan tersebut untuk membentuk
pengurus baru musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) bahasa Indonesia SMU
tingkat UPTD Meukek periode 2016-2017.
B.
Membentuk dan mengaktifkan kembali
musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) bahasa Indonesia tingkat DKI UPTD Meukek.
C.
Menyusun program kerja musyawarah guru mata
pelajaran (MGMP) bahasa Indonesia SMA tingkat UPTD Meukek periode tahun
2016-2017.
D.
Untuk menampung kreativitas guru akan
dibentuk pengurus baru musyawarah guru mata pelajaran (MGMP).
E.
Semua jawaban benar.
21. Krisis yang berkepanjangan melanda
Indonesia dan belum dapat diketahui kapan akan berakhir, telah membuat kondisi
ekonomi masyarakat semakin melemah, terlebih lagi bagi masyarakat golongan
bawah. Kondisi tersebut sangat mengkhawatirkan, mengingat terbuka peluang untuk
terjadinya hal yang tidak diinginkan dan terjadinya perbuatan yang melanggar
hukum, seperti penjarahan dan penimbunan barang. Rasulullah SAW memperingatkan
dalam sebuah haditsnya, bahwa "Kefakiran hampir saja mendekatkan kalian
kepada kekafiran".
Atas
dasar pemikiran diatas, Pos Pelayanan Umat mencoba ikut berperan dalam
mengarungi kesulitan yang dialami saudara kita dengan mengadakan kegiatan
"Ramadhan Bersama Umat".
Penggalan paragraf di atas termasuk dalam ...
A.
Latar belakang C. Dasar Pemikiran E. Panitia Kegiatan
B.
Tujuan D.
Jenis dan Tema Kegiatan
22. Berikut
ini adalah yang hal perlu diperhatikan dalam penulisan proposal adalah ...
A.
Proposal hendaknya disusun oleh orang
yang ahli.
B.
Proposal hendaknya merupakan kesepakatan
bersama.
C. Penyusunan yang sistematis, menarik, realistis,
dan terinci.
D.
Hendaknya diperbanyak dan
didistrubusikan kepada orang-orang yang dituju.
E.
Anggaran yang tertera tidak sesuai
dengan kenyataan.
23. Memiliki
kemampuan berbicara tidaklah semudah yang dibayangkan orang. Banyak ahli
terampil menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan namun sering mereka kurang
terampil menyajikannya secara lisan (langsung). Oleh sebab itulah perlu kiranya
diadakan lomba diskusi panel untuk tingkat SMA se-Labuhanhaji ini. Sebagai
wadah bagi siswa berlatih berbicara dan mengeluarkan pendapat ....
Penggalan proposal
kegiatan di atas merupakan unsur proposal bagian ...
A.
Pendahuluan C. Tema E.
Perkiraan Anggaran
B.
Sasaran D.
Dasar Pemikiran
24. Suatu
proposal harus ada follow up dan LPJ. Singkatan dari LPJ adalah ...
A.
Laporan Pak Joko D.
Leces Permai Jaya
B.
Lampiran Pertanggungjawaban E.
Laporan Pertanggungjawaban
C.
Laporan Proposal dan Jaminannya
25. Di
bawah ini adalah kerangka proposal pada bagian rencana kegiatan:
a.
Tujuan Kegiatan d. Nama Kegiatan
b.
Susunan Kepanitiaan e. Waktu dan Tempat
c. Jenis
dan Tema Kegiatan f. Alokasi Dana
Susunan yang tepat adalah ...
A.
d, c, a, b, f,
e C. d, c, e, b, a, f E. d, a, c, b, f, e
B.
a, b, c, d, e, f D.
f, e, d, c, b, a
0 Response to "LATIHAN ULANGAN HARIAN I"
Post a Comment