Bagaimana Neraca Pendidikan Di Daerah Anda?


Banyak kalangan masyarakat yang bertanya : pendidikan itu tanggungjawab siapa, bagaimana membiayainya, dari mana sumber dananya, kemana saja dibelanjakan, dan apa hasilnya. Apakah pendidikan di daerah merupakan tanggungjawab Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah? Dalam bentuk apa masyarakat dapat berpartisipasi? Ini hanya sebagian dari daftar panjang pertanyaan dan masalah pendidikan yang ada di hadapan kita dan harus kita temukan solusinya.

Manfaatkan situs npd.data.kemdikbud.go.id untuk melihat profil pendidikan daerah anda. Silahkan laksanakan e-gov dan dukung keberpihakan pemdanya untuk memajukan pendidikan. Situs ini diluncurkan Mendikbud pada saat Rembuk Nasional yangg dihadiri Kadis pendidikan seluruh Indonesia. Seyogianya mereka tau tentangg hal ini kecuali mereka tidak hadir atau hadir tapi tdak perduli dengan tugasnya.

Dengan memanfaatkan NDP kita dapat mengetahui kinerja daerah pada sektor pendidikan, terutama tentang :
1.      Anggaran Pendidikan yang dialokasikan daerah untuk pendidikan (menurut urusan) dan yang diterima daerah dari pusat (transfer pusat ke daerah untuk bidang pendidikan).
2.      Jumlah kondisi dan akreditasi Satuan Pendidikan.
3.      Jumlah peserta didik dan guru serta nisbahnya.
4.      Capaian Pendidikan (nilai Ujian Nasional, nilai Ujian Kompetensi Guru, Indeks Integritas UN).
5.      Presentase Penduduk Tuna Aksara.
6.      Indeks Pembangunan Manusia (berdasarkan angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah).
 




Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bagaimana Neraca Pendidikan Di Daerah Anda?"